Selasa, 23 Maret 2010

March, 16th 2010
Otak manusia merupakan bagian terpenting dalam tubuh Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis (pengaturan) seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Alloh menganugerahkan kepada manusia sebuah benda yang sangat berharga berupa otak.
Otak manusia ibarat komputer, yang terdiri dari hardware maupun software. Hal itu digunakan untuk mengingat, merasakan, melakukan dan menikmati apa yang telah menjadi program dalam otak kita. Otak kita terdiri dari banyak sekali sel-sel saraf yang disebut dengan neuron yang berfungsi untuk mengantarkan rangsang. Otak secara fungsi dapat dibagi menjadi 2 bagiam yaitu otak kanan dan otak kiri. Secara garis besar otak kiri berisi tentang pengetahuan atau kata-kata sedangkan otak kanan berisi tentang keindahan, seni atau intonasi dalam berkata-kata. Untuk menyeimbangkan otak dapat kita lakukan brain gym (senam otak) adapun caranya antara lain :
@ jempol di tangan kiri dan kelingking di tangan kanan, coba dibolak balik secara bergantian (jempol di tangan kanan da kelingking di tangan kiri)
@ tangan kanan posisi menembak dan tangan kiri posisi jari tengah dan telunjuk berdiri, posisi diubah antara tangan kanan dan tangan kiri.
@ tangan kanan mengepal di putar keluar dari dada dan tanagn kiri sebaliknya diputar ke dalam, hal ini dilakukan secara bersama-sama antara tangan kiri dan tangan kanan
@ tangan kanan posisi menembak tangan kiri dengan kelima jari melebar, di pindah tangan kiri posisi menembak dan tangan kanan menjadi empat jari melebar, begitu seterusnya sampai salah satu tangan menggenggam dan tangan yang lainya posisi menembak.
Selamat Mencoba

Di dalam otak ada bagian yang berfungsi untuk memproduksi rasa disebut amyg dala. Amyg dala bekerja sesuai dengan persepsi otak dan memberi reaksi dari apa yang kita pikirkan akan menjadi apa yang kita rasakan. Sebagai contoh, ketika kita berfikir gagal maka apapun yang kita lakukan akan gagal karena kita telah berfikir untuk gagal. Jadi, mulai sekarang kita harus merubah sudut pandang kita menjadi sudut pandang yang bersifat positif. Selain itu kita juga harus berfikir pada kelebihan, keuntungan dan manfaat yang dapat kita dapat dan berikan.
Dalam membentuk program dalam otak dapat diurutkan sebagai berikut :
PERASAAN --> AMYGDALA --> PERSEPSI DALAM OTAK
Dalam urutan diatas sebenarnya otak kita dalam bekerja sering kali dipengaruhi oleh perasaan yang ada dalam kita yang akhirnya memprogram apa yang ada dalam otak kita. Adapun hal yang membentuk program dalam otak kita antara lain:
1. modelling
dalam hal ini apa yang kita dengar, lihat, rasa maupun yang kita lakukan akan menjadi program dalam diri kita. Sebagai contoh orang tua yang merokok anaknya juga akan menjadi perokok, hal ini disebabkan apa yang anak lihat akan menjadi program dalam otak mereka. Sehingga mereka akan beranggapan bahwa merokok itu suatu kenikmatan. Masih banyak lagi contoh yang terkait dengan modelling.
”apa yang kita lihat, dengar, rasakan bisa membentuk dan merubah kepribadian kita”
2. specific incident
hal ini terkait dengan kejadian-kejadian yang bersifat yang menyebabkan terbentuknya program dalm pikiran kita. Mungkin kita pernah menjumpai kasus dimana ada seseorang yang mengalami trauma untuk mengendarai vespa, hal ini bisa disebabkan karena dalam otaknya telah terprogram bahwa mengendarai vespa sangat berbahaya. Hal ini bisa saja disebabkan seseorang tersebut pernah terjatuh dari vespa dan dalam otaknya terprogram bahwa naik vespa itu berbahaya..
3. verbal programming
cara membentuk program dalam otak dengan menggunakan kata-kata. Kita mungkin pernah melihat dan mendengarkan ada seorang anak yang masih kecil mengucapkan kata-kata kotor. Hal itu bisa disebabkan bahwa sang anak hidup dalam lingkungan yang orang-orang disekitarnya juga sering berkata-kata kotor. Karena sang anak sering mendengar kata kotor maka di otaknya akan terprogram bahwa kata-kata kotor adalah hal yang biasa. Maka dari itu mari kit aajarkan anak-anak kita kalimat toyibah dan kata-kata motivasi agar anak kita tumbuh enjadi anak yang hebat.
Program dalam otak yang akan menentukan kelak kita akan menjadi apa.
Maka dari itu installah program-progran yang positif dalam otak kita agar kit menjadi orang yang hebat

Catatan tentang program dalam otak untuk anak-anak:
- apa yang anak lakukan merupakan cerminan dari kita
- doktrin dari orang tua akan sangat mengena pada anak
- kata-kata kita akan menjadi kepribadian kita
- jangan terlalu mengekang anak karena akan menjadi kerpribadian mereka

satu renungan untuk kita :
jika anak dibesarkan dengan celaan ia berlajar memaki
jika anak dibesarkan dengan permusuhan ia belajar berkelahi
jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah hati
jika anak dibesarkan dengan hinaan maka ia bealajar meragukan diri
jika anak dibesarkan dengan toleransi ia belajar menahan diri
jika anak dibesarkan dengan dorongan ia belajar percaya diri
jika anak dibesarkan dengan pujian ia belajar menghargai
jika anak dibesarkan dengan dukungan ia belajar menyenangi diri
jika anak dibesarkan dengan cinta dalam kehidupanya ia belajar
menemukan cinta dalam kehidupanya

ingin kita jadikan apa anak kita…???

0 komentar:

Posting Komentar